13 Sep 2009

☺ Makna Lebaran ☺

Waahh.hore..alhamdilillah sebentar lagi lebaran telah tiba http://www.emocutez.com, senangnya hati tak terasa bulan Syawal sudah didepan mata..bersyukur masih diberi umur dan kesempatan oleh Allah SWT untuk menyambut hari yang fitri yang akan segera menjelang.
Namun ada terbersit kesedihan yang amat dalam karena mengingat bulan Ramadhan akan segera berakhir dan kita akan berpisah dengan bulan yang penuh rahmat ini


Masih adakah kesempatan bagi ku untuk dapat menjalani bulan Ramadhan tahun depan, semoga ya Allah aku masih di beri kesempatan dan umur yang panjang agar bisa menikmati lagi bulan ramadhan tahun depan, amin..
Jadi jangan sia-siakan bulan ramadhan ini yang hanya tersisa beberapa hari lagi, siapa tahu ini adalah ramadhan terakhir bagi kita (Tapi mudah-mudahan jangan ya), apalagi diakhir-akhir puasa seperti ini, siapa tau kita dapat meraih dan merasakan Malam Lailatul Qadar yang merupakan satu malam yang mempunyai kelebihan lebih seribu bulan yang lain.
Persiapan apa saja yang sudah kita lakukan untuk menyambut Hari Idul Fitri nanti, pasti teman-teman sudah pada beli baju baru kan?, sudah buat kue lebaran dan sudah mempersiapkan segala sesuatu dari sekarang. Atau mungkin buat teman-teman yang akan mudik kekampung halamannya di hari lebaran nanti, sudah mulai mempersiapkan barang-barang untuk berangkat nanti. wah..pokoknya semua sudah dipersiapkan untuk menyambut hari lebaran nanti.
Sepertinya teman-teman, saya juga sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut lebaran nanti dengan penuh semangat. Beli baju baru padahal baju-baju dulu juga masih bagus dan masih layak pakai sebenarnya, namun rasanya gak afdol kalau gak beli baju baru, untuk apa coba?, mau dipamerin apa?, yang ada malahan nambahin beban lemari ku aja yang udah hampir meledak karena menampung baju-bajuku yang bejubel banyaknya hee. Trus buat kue lebaran, biar nanti kalau ada tamu yang datang kerumah ada yang bisa disuguhin, trus membersihkan rumah biar nampak bersih dan kinclong, jadi kalau tamu datang yaa gak malu-maluin lah. Jangan sampailah nanti tamunya datang dan bilang seperti ini, masa sih rumah anak gadis kotor banget, gak pernah dibersihin ya?, waduh..mau ditaro dimana mukaku, apa aku masukin ke saku aja kali ya???. Dan segudang aktivitas lainnya yang sangat menyita perhatian, waktu dan juga tenaga pastinya, karena kan berhubung masih puasa. tapi saking hebohnya dengan persiapan untuk lebaran nanti, kita( khususnya aku) jadi lupa dengan makna hari raya itu sendiri.
Nah..sebenarnya apa sih makna lebaran itu, apa iya hanya untuk ajang pamer baju baru, pamer kue baru (eh..kue buatan sendiri) ,pamer rumah baru (hehee) dan pamer yang serba baru lainnya.
Sebenarnya makna lebaran itu tuh lebih dari sekedar yang tadi aku sebutkan diatas itu, makna lebaran itu adalah kesucian diri, bahwa manusia yang melaksanakan puasa dan ibadah di bulan ramadhan, disaat idul fitri akan melahirkan insan yang fitri (fitrah), seperti bayi yang baru dilahirkan. Suci bersih, putih bagaikan selembar kertas putih tanpa noda. Segala dosa-dosa kita yang pernah kita perbuat, diampuni oleh Allah SWT. Sungguh Maha besar Allah dengan segala keagunganNya.

Namun selain itu, menurut aku ada makna lebaran lainnya yaitu :
> Hari yang penuh berkah
> Hari kemenangan terhadap menahan hawa nafsu yang telah dijalani selama berpuasa
> Hari untuk saling bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan sesama Muslim
> Hari bermaaf maafan dan hari untuk saling melupakan kesalahan saudara sendiri maupun kesalahan orang lain
dll...(Silahkan ditambahin ya teman-teman)

Sungguh bahagianya orang-orang yang dapat merasakan kenikmatan lebaran yang sesungguhnya, semoga kita termasuk dari orang-orang yang beruntung itu ya, amien ya rabbal 'alamin

29 Comment:

  1. lebaran bisa juga diartikan sebagai kemilaunya perhiasan usang... hehehehehe

    BalasHapus
  2. Sebentar lagi lebaran tiba, sebuah tradisi khas di negeri ini akan kembali berlangsung. Mudik. Sebuah kata yang sangat dinanti berjuta orang muslim di Indonesia. Sebuah tradisi yang sangat positif dalam menjalin silaturrahim bersama sanak famili.
    Namun, yang masih mengganjal ketika musim mudik tiba adalah kesemrawutan yang terjadi di jalan-jalan. Mungkin alangkah bijaknya apabila pemerintah lebih sigap mengantisipasinya. Sehingga pemudik akan merasa aman dan nyaman di perjalanan.
    Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan.
    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

    BalasHapus
  3. Udah gak sabar menunggu takbir lebaran nich,,lia pasti banyak bgt ya baju lebarannya...so pasti biar tambah cakep ya..hehehe..mbah tua-tua suka genit ya...

    BalasHapus
  4. Habis lebaran nggak brkunjung ke bangka ada yg kurang lho...

    BalasHapus
  5. semoga dengan lebaran nanti... kita semua kembali kepada fitrahnya.. amien :)

    BalasHapus
  6. Waahh.hore..

    ada kata2 horenya tuh.. di awal postingan lagi..!! ni buk Guru senang banget kayaknya mau Lebaran..
    Oia.. SELAMAT MENYAMBUT LEBARAN YA..
    semoga di akhir2 Ramadhan ini kita bisa lebih dekat denganNYA..

    BalasHapus
  7. hari kemenangan....itulah makna universal idul fitri buat kita umat muslim

    met hari raya idul firi , maaf lahir batin yaaaa

    BalasHapus
  8. semoga kita semua memperoleh kemengan setelah berpuasa selama sebulan ini, amin..

    BalasHapus
  9. Asiiknya bentar lagi lebaran...
    Minal aidzin yah (eh udah waktunya blum sie) hehe...

    Numpang backlink ya... :)
    Kalau sempat, mampir ke blogku yah, dikomen balik.hoho

    BalasHapus
  10. Makna lebarannya kayaknya sudah komplit deh. Mohon maaf ya kalau ada kesalahan...

    BalasHapus
  11. saya sedih karena romadhon udah hampir habis, tapi saya juga seneng karna lebaran mau datang

    Fauzan NR [ fhom.blogspot.com ]

    BalasHapus
  12. Dah lebaran...

    Mohon maaf lahir dan bathin

    BalasHapus
  13. Happy Eid ul-Fitr (Muslim) and Happy Holiday (Non-Muslim).

    p/s: Join our blogging community and spread your words there! :) Social Blogger Community

    BalasHapus
  14. Emang saat lebaran ne kesempatan bagus buat silaturrahim ke famili, temen atopun kenalan baru deh..hehehe...yg jelas jg saat perbaiki diri untuk masa2 akan datang...dah siap blm ya..

    BalasHapus
  15. Biar telat, mohon maaf lahir batin ya...

    BalasHapus
  16. salam kemenangan..
    salam lebaran, met idul fitri...!

    BalasHapus
  17. Hello Mbak, how are you! It's a good posting mbak!
    Oiya, maaf agak telat...Mohon maaf lahir bathin. Semoga Alloh selalu memberikan anugrah kesehatan lahir bathin, juga terus melindungi, membimbing, dan memilihara kita, sehingga kita selalu bahagia dan selamat dunia akhirat, amien!

    BalasHapus
  18. terlambat ni...
    selamat hari raya, dengan rendah hati saya memohon maaf lahir dan batin... hiks

    terima kasih sahabat.

    BalasHapus
  19. Moga dengan Hikmah Ramadhan, kita bisa kembali melalui keseharian kita dengan hati yang suci bersih.

    BalasHapus
  20. Minal aidin wal faidzin ya

    BalasHapus
  21. mohon maaf lahir dan batin..

    BalasHapus
  22. Hello all,

    We would like to invite you to promote your blog on our blogosphere. Totally free for everyone!

    Click on the 'Tutorial' button if you're not sure how to use it.

    Join now: Connecting Bloggers

    Happy Blogging!

    BalasHapus
  23. mohon maaf lahir dan batin..

    BalasHapus
  24. berkunjung dan mohon maaf lahir dan bathin..

    BalasHapus
  25. hi, thanks for the visit

    BalasHapus
  26. Hello bloggers,

    Looking for the perfect place to promote your blog?

    -> Attract more people to your blog, connect with other bloggers and more!

    It's totally FREE for all!

    Just click on the 'Tutorial' button if you not sure how to use it.

    Join now: Free Blog Traffic

    Enjoy blogging!

    BalasHapus

Haloooi!!!Terima kasih sudah membaca, silahkan tinggalkan commet ya teman-teman..tapi tolong jangan spam ya

 

Lia Lovaa Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang