3 Nov 2011

☺Persepsi cantik ☺

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Coba deh tanya??, wanita mana sih yang gak ingin cantik atau gak ingin dibilang cantik, pasti semua ingin cantik kan??, apalagi sampai dipuji cantik oleh cowok (lebih-lebih kalau cowok idaman)..wow..langsung deh perasaan terbang kelangit ketujuh dan jadi klepek-klepek gitu. Senang dan bangga pastinya tapi taukan sahabat (pasti udah pada tau kan) bahwa di luar sana, di belahan dunia lain, ada persepsi yang berbeda tentang wanita cantik, bukan dinilai dari kulit yang putih mulus, tubuh yang langsing, wajah yang bebas jerawat, rambut yang panjang ataupun karena polesan make up diwajah.

Bagi suku Mursi di Ethiopia, lambang kecantikan bukan riasan, seperti bedak, dan lipstick, melainkan bibir lebar. Tradisi yang dikenal dengan istilah 'Labret' ini dilakukan dengan cara melubangi bagian bawah bibir semacam tindik selebar 1-2 sentimeter. Lalu, menempatkan semacam piringan bulat di dalamnya.


Cara yang ekstrim seperti itu, tidak lepas dari pandangan pria terhadap kata cantik di suku Mursi. Mereka beranggapan bahwa wanita terlihat cantik dengan bibir lang lebar. Dengan anggapan seperti itu, para pria di suku Mursi enggan menikahi wanita yang tidak memiliki bibir lebar. Hal ini mengungkapkan bahwa wanita akan melakukan segala cara, agar mendapatkan pengakuan cantik oleh pria.

Lain pula halnya dengan suku kayan Di Burma dan Thailand, mereka memulai ritual kecantikan mereka dari waktu muda. Pada saat umur 5 tahun, mereka sudah memakai gelang berbentuk melingkar di sekitar lehernya. Gelang leher tersebut terus ditambahkan seiring dengan pertumbuhan mereka, dan hal tersebut membuat leher mereka semakin panjang seperti layaknya leher jerapah. Bagi mereka, leher yang panjang dengan gelang yang bersinar adalah tanda kedudukan dan keagungan mereka. Berat gelang leher tersebut bisa mencapai 22 pounds atau sekitar 10,5 kilo.


Wah-wah..ada-ada saja ya..demi dapat pengakuan cantik dari kaum adam harus merelakan menyakiti diri sendiri..kalau aku pribadi sih gak mau deh sampai gitu, misalnya nih, lia kamu tuh cantik kalau hidungnya panjang kayak pinokio atau kupingnya lebar kayak kuping gajah, wah gak bakalan deh aku panjangin hidung dan buat kuping ku lebar(hahaha..ada-ada aja si lia). Karena pada intinya semua wanita itu cantik koq..maka dari itu mari menjadi cantik dengan apa-adanya dirimu, tanpa harus merubah apa yang sudah Allah karuniakan kepada kita. Karena inilah yang terbaik untuk kita, be your self ya..


Nah...gimana kalau persepsi cantik sahabat semua???

8 Comment:

  1. Hahaha...
    Iyaaa bersyukur aja.
    Mbak Lia cantik kok :D

    BalasHapus
  2. wah saya juga pernah mendengar yang thailandi itu, tapi jikasaya harusmemilih,yasaya memilih foto yang ke 3 heheh ^^>

    BalasHapus
  3. Kalau utk cantik sampai harus menyakiti diri sendiri sih ogah.
    Di Kalimantan ya, yang utk cantik membebani telinganya dg banyak anting2. Semakin besar lobang telinganya maka makin cantik.
    Eh,,, kok bisa ya?

    BalasHapus
  4. Astagfirullah ada-ada aja caranya ya.bukannya itu menyakiti diri sendiri. Lia udah cantik kok:)

    BalasHapus
  5. Hidiiiih..itu mah bukan cantik namanya tapi kayak apa ya??.subhanallah ada" ajha yha tuh manusia, g syg apha?, udh dikasih anugerah bibir yang bagus, malah pake digituin,,tobat tobaaat hehe. klo lia sih g usah diraguin lagi, psti cantiiiik lah.

    BalasHapus
  6. iya cantik tuh mbak lia.

    saya mau kok jadi suaminya mbak lia..
    (promosi)

    wkwkwkwk

    BalasHapus
  7. berkunjung aaah..hehe..
    salam kenal yaa :)

    BalasHapus
  8. beneeeer....

    makanya, pemilihan putri macam miss universe tuh sepertinya gak cocok gitu. karena itu kecantikan versi barat.

    padahal persepsi cantik di tiap negara bisa jadi berbeda kan?

    BalasHapus

Haloooi!!!Terima kasih sudah membaca, silahkan tinggalkan commet ya teman-teman..tapi tolong jangan spam ya

 

Lia Lovaa Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang